Kamis, 28 Juli 2011

Rokok Tidak Haram???

oleh Pengkhianatyangtelahmusnah pada 25 Juli 2011 jam 4:43

Ini saya bilang bukan berarti saya kampanye mendukung fatwa haram rokok, bukan juga saya menentang itu fatwa. Buat saya, haram atau tidak haram itu adalah masalah lain. Sebab masalah rokok yang paling besar karena adanya sistem serta distribusi yang tidak berimbang. Perihal kampanye-kampanyean agar merokok jadi tidak sembarang, agar rokok dibatasi, agar ibu-ibu hamil tidak kasih racun ke janinnya, agar laki-laki tidak lemah syahwat, agar yang kanker tidak kanker, yang jantungan tidak jantungan, saya mah dukung-dukung saja. Namun dengan catatan bukan berarti saya haramkan rokok dan hisap rokok.

”Gimana sih kamu ini Dal?! Rokok itu secara medis banyak sebabkan banyak penyakit. Malah bisa mati!” itu kawan kantor saya seolah-olah saya ini perokok berat.

“Saya tahu. Saya pernah lihat posternya. Yang bahannya ada buat pesawat terbang kan?”

”Itu sudah tahu! Jadi kenapa masih kamu bolehkan”

Sebenarnya saya males menjawabnya. Ya kamu tahu kan saya bukan perokok. Rasanya tidak afdol menjawab pertanyaan itu kalau bukan perokok. Antara mau dan tidak, saya bilang saja, kalau masalah mati tidak bisa ditetapkan seenaknya. Ajal sudah ada yang atur. Klaim dengan merokok satu batang maka berkuranglah umur sekian hari, buat saya itu begitu alay. Kalau memang waktunya mati, ya mati saja.

Banyak tuh orang yang umur panjang tapi dia perokok berat. Baginya, merokok menjadikan dia lebih bersemangat dan sehat.

”Lagian kalau rokok haram karena sebabkan penyakit, harusnya banyak juga yang diharamkan” kata saya.

”Memang apalagi?”

”Pernah lihat TV yang cerita jajanan SD yang ada zat berbahaya kan?,” tanya saya ”Kayak baso, nugget, es, sirup yang pada pakai borax dan yang kayak gitu?”

”Iya pernah”

”Itu kan sebabkan penyakit juga. Harusnya haram juga dong”

”Tapi itu kan kita tidak tahu. Ga semua kayak gitu kali”

”Kalau gitu, gimana dengan junk food atau McD?”

”Mang McD kenapa?”

”Pernah liat film Supersize Me?”

”Belum. Kenapa gitu?”

”Di film itu, McD dijelaskan dengan detail bagaimana merusaknya buat kesehatan manusia”

”Masa sih?”

”Sumpah! Ga jauh beda ma rokok”

”Gitu ya?”

”MSG juga sama. Pemanis-pemanis buatan juga”

Benar gitu juga? Entahlah. Saya juga tidak tahu. Saya hanya baca. Namun kalau mencari efek-efekan, semuanya juga ada efeknya. Yang jelas, orang yang sudah menjadi tua tapi masih saja merokok memang lebih baik tidak ditiru. Hindari saja kalau kamu tidak suka. Pukuli kalau dia maling. Kuburkan kalau dia meninggal jangan dibuat sate. Sesungguhnya bangkai itu baunya tidak sedap. Dan tidak pernah ada yang jualan sate manusia.

Namun kalau dia memilih merokok di tempat sempit, sendirian disana, tidak ajak-ajak orang banyak, tidak ajak-ajak tempat umum, tidak sebabkan kebakaran, maka itu adalah pilihan dia. Tak perlu lah kita pukul. Sebab pukul adalah menunjukan waktu. Hampir mirip dengan jam. Memukul jam sama dengan merusak jam. Nanti kalau telat kamu tidak boleh masuk kelas.

(hal 94, Rokok Tidak Haram???, Begundal Militia, 2010, Cetakan 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Opening Faza's Blog

Assalamu'alaikum!
~Ahlan wa sahlan~

Apa Kabarnya Hari ini?
"Alhamdulillah, Selalu Mencerahkan, Luar Biasa Sukses!"

~Allahu Akbar~