Selasa, 23 November 2010

Proposal hidupKu yang Terbaru (Insya Allah)...

Ya Allah, inilah proposal hidup saya :



Setelah membaca proposal hidup yang terdahulu, yang pernah saya buat, rasanya ada cambukan yang Luar Biasa dalam hidup ini. Terlebih dengan banyak pengalaman demi pengalaman berharga yang saya lalui, hadapi dan dapatkan.

Seakan kehidupan tiada akan pernah berhenti melaksanakan aktivitas ibadahnya. Maka, begitupun dengan saya. Kendatipun begitu tertatih-tatih dalam merangkai dan merajut mimpi-mimpi di dalam hidup ini, tetapi saya tetap yakin bahwa saya pasti mampu dan bisa. Karena orang-orang yang telah bersama-sama saya, mereka dapat melaju begitu cepat, menjadi sosok-sosok yang luar biasa. Mungkin pada awalnya membuatku tertunduk malu, menitikkan air mata, bahkan tak dapat menatap ke depan lagi. Tapi, justru semua itu akan menjadi kesia-siaan yang berganda. Mengapa? Karena, seperti peribahasa mengatakan, sudah jatuh, tertimpa tangga. Sudah tertinggal, apakah justru ingin keluar dari mimpi-mimpi yang telah dirajut?

Seiring pembelajaran untuk menemukan sebuah jati diri yang kokoh ini pula, tak dapat dielakkan, kadang kelalaian-kelalaian menghampiri diri ini. Dan yang lebih menyakitkan, saat sosok-sosok yang belajar ini dicerminkan sebagai sosok yang jauh dari kecacatan. Itu sebuah tamparan yang lebih menyakitkan. Karena, sejatinya status manusia tetap akan menjadi manusia sampai kapan pun, tak akan pernah berubah menjadi malaikat. Dan yang harusnya dipahami, saat diri kita mengazamkan ingin menjadi baik, maka jadikanlah baik itu menurut Allah, Sang Pencipta kita, bukan menurut manusia.

Perjalanan pun kembali dimulai, masalalu bukanlah menjadikan semua hal yang terlalaikan lantas harus semakin terlalaikan. Terlebih bila mengetahui sosok-sosok di masalalu yang justru telah bergerak meninggalkan kita. Lantas, apakah di sini kita hanya akan berdiam diri saja? Itulah yang membuat saya kembali mengoreksi proposal hidup yang telah saya buat dulu. Mungkin banyak yang kurang realistis dari proposal hidup saya, namun saya dapat merasakan bagaimana sisi positif dari proposal hidup yang saya buat dulu. Ada beberapa target yang telah tercapai, walaupun tertatih-tatih tuk meraihnya.

Pada proposal hidup saya sebelumnya telah saya ceritakan bagaimana perjalanan hidup saya, dan saya juga telah mendeskripsikan bagaimana saya dan kehidupan saya. Sekali lagi, semua bukan untuk direnungi kemudian sudah selesai begitu saja. Tetapi, dari kisah yang telah saya buat dulu, itu menjadi inspirasi buat saya sendiri untuk mengevaluasi apakah saya dapat mewujudkan mimpi-mimpi saya itu ataukah mimpi-mimpi itu hanya sekedar tulisan saja?

Beberapa target yang ingin saya gapai, Alhamdulillah dapat terealisasi. Misalnya, dari usaha yang saya targetkan dapat saya buat, minimal satu usaha, alhamdulillah dapat direalisasikan. Dari sisi keluarga, mungkin ada yang harus dikoreksi, walaupun apa yang ditargetkan telah tercapai. Misalnya dengan bunda tersayang telah mau mengenakan jilbab dan kerudung sesuai yang Allah perintahkan, namun masih belum istiqomah. Dan buat ayahanda tersayang, diskusi tetap ada, bahkan setiap hari. Namun, kelemahan saya kalau sudah bercerita tentang sejarah perjuangan, apalagi kalau sudah ayah berbicara bagaimana islam di Negara lain. Wow, bangga deh saya punya ayah seperti beliau. Ternyata kepandaian itu tak mesti didapatkan di bangku pendidikan. ^-^

Pembinaan buat adik tingkat, alhamdulillah senantiasa terlaksana. Namun, kajian buat rekan-rekan saya tak bisa dilaksanakan secara continue, karena masing-masing memiliki kesibukan yang insya allah dapat dipertanggungjawabkan. Saya doakan saja buat kawan saya yang saat ini sibuk skripsi saja sambil kuliah ataupun yang sibuk skripsi sambil dakwah. Semoga, diberikan kelancaran oleh Allah. Senang dapat menjadi sahabat kalian, kawan.

Insya allah semester depan saya menyusul, apabila apa yang saya targetkan dapat terealisasi. Amin. Walaupun kadang ragu, rapuh, goyah. Tapi, saya yakin, Allah senantiasa bersama dengan HambaNya yang senantiasa Berdo’a dan Berusaha KarenaNya.

Didasari akan warna-warni titian langkah saya, bercampur tamparan demi tamparan semangat, pengalaman dan ketertinggalan saya yang begitu jauh dari rekan-rekan saya. Maka, saya kembali mengazamkan diri saya dalam proposal hidup saya yang baru, dengan kesadaran yang baru dan semangat yang baru.

Bismillahirrahmanirrahim…



Target saya dalam 90 hari, adalah:

ü Karya-karya yang dihasilkan, adalah : 1) Media-media Syiar d’Organisasi FSQ untuk Fakultas Ekonomi T’cinta (baik melalui media tulisan maupun media maya / blog). 2) Membuat minimal 2 buah buku karangan saya sendiri baik dari HaQo maupun dengan tema yg saya targetkan (buku tentang Akuntansi dan tentang Demokrasi). 3) Membuat beberapa Training Internal (terkait Pengembangan Potensi terhadap dunia tulis menulis dan media IT).

ü Keuangan/Finansial/Asset, adalah : 1) Membereskan Administrasi dan Memperbaiki Manajemen Usaha serta Mengembangkan Usaha yang telah berhasil saya dkk buat, sehingga lebih terarah tujuan serta target yg ingin d’capai. Sesuai dengan visi usaha, sebagai salah satu sarana Dakwah. 2) Dapat menjadi pengajar yang Profesional baik untuk Tingkat SD, SLTP, SLTA, maupun Mahasiswa. 3) membuka Usaha Baru d’Rumah. 4) Membuka Perpustakaan Islami buat Taman Bacaan anak-anak SD di dekat rumah.

ü Kesehatan, adalah : Puasa Senin dan Kamis, dan Puasa Sunnah yang lain, serta mengatur pola makan agar sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah.

ü Keluarga, adalah :

* Mengajak Bunda dalam Kajian Rutin (mengaji), Menemani Ayah dalam diskusi hangat tentang Islam hingga pada Akhirnya beliau ikut ataupun setidaknya, sepenuhnya mendukung Perjuangan saya dkk, dan mengadakan Ngaji Qur’an beserta Pemahaman artinya bersama di rumah bersama kedua ortu.
* Menambah buku-buku bacaan yang Islami buat Bunda.
* Saya ingin memberikan 1 buah buku setiap bulannya buat adik saya.

ü Sosial-Kemasyarakatan/Kepedulian, adalah :

* Menjadi Konsultan bagi para Remaja d’Masyarakat.
* Membina minimal 1 Halaqoh.
* Membina minimal 5 Adik tingkat di fakultas.
* Menjadi Konsultan di Dunia Maya sekaligus untuk Pembelajaran.
* Mengisi Training, baik sebagai Trainer maupun sebagai Motivator.

ü Kehidupan Spiritual, adalah : Istiqamah shalat Dhuha, Tahajud, Puasa Senin dan kamis dan Tadarus Al-qur’an serta meningkatkan Hapalan Al Qur’an dan Hadits (Minimal 1 jus, yaitu jus 30).



Target 5 tahun ke depan (2015-2016), adalah :

1. Selesai mengambil pendidikan S2 di UNISKA dengan Jurusan Ilmu Komunikasi atau S2 di UNM dengan Jurusan Akuntansi.

2. Mengisi 5 Halaqoh.

3. Memiliki 3 lapangan usaha (Bookstore, BimBel dan Mini Market) dan memperluas Pemasaran dari Bisnis yang telah ada.

4. Menjadi Dosen di salah satu Perguruan Tinggi dan Pengajar di sebuah Pondok Pesantren di jawa.

5. Menjadi Penulis Buku yang mengelola Komunitas penulisan HaQo dan membuat minimal 3 buku lagi.

6. Menikah (2015-2016).

7. Menjadi Trainer dan Motivator.



Target 10 tahun ke depan (2020-2021), adalah :

1. Memberangkatkan naik haji 1 keluarga.

2. Mendirikan 1 yayasan buat anak-anak yatim, anak jalanan dan orang tua lanjut usia.

3. Mendirikan Sekolah ataupun Lembaga Pendidikan Berbasis Islami dari tingkat TK hingga Perguruan Tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Opening Faza's Blog

Assalamu'alaikum!
~Ahlan wa sahlan~

Apa Kabarnya Hari ini?
"Alhamdulillah, Selalu Mencerahkan, Luar Biasa Sukses!"

~Allahu Akbar~